Mengenal Jaminan Sosial Tenaga Kerja dan Manfaatnya


Jaminan sosial dan asuransi memang hampir sama. Namun, ternyata keduanya mempunyai perbedaan yang belum banyak diketahui. Pertama mengenai asuransi dahulu. Banyak orang yang salah dalam mengartikan kata asuransi, sehingga menimbulkan penafsiran yang berbeda-beda. Namun, sebenarnya ada konsep sendiri yang membedakan antara asuransi satu dengan asuransi lainya. Life insurance sebenarnya adalah sebuah layanan yang digunakan sebagai suatu perlindungan akan timbulnya sesuatu yang bersifat merugikan, baik secara finansial ataupun lainya. Khususnya ketika hilangnya pendapatan seseorang akibat terjadinya kejadian yang menimpa anggota keluarga salah satunya kematian. Asuransi dikeluarkan oleh perusahaan swasta atau BUMN. Sedangkan jaminan sosial merupakan sebuah program yang resmi diatur oleh negara yang sudah dijelaskan oleh Undang-undang yang berlaku. 

Tujuan jaminan sosial dan asuransi memang sama. yaitu memberikan perlindungan terhadap kebutuhan manusia. Namun, sedikit perbedan jika asuransi memberikan nilai tambah atas perlindungan tersebut. Jaminan sosial memberikan jaminan perlindungan yang tidak terbatas selama peraturan masih ditetapkan oleh pemerintah. Sedangkan asuransi mempunyai keterbatasan jangka waktu sesuai dengan perjanjian antara pemegang polis dengan perusahaan yang bersangkutan. Dalam segi anggota atau subjek, jaminan sosial mempunyai cakupan lebih luas yaitu semua WNI yang tercatat sebagai penerima jaminan sosial, Namun, asuransi hanya diuntukan bagi anggota yang bekerja atau terdaftar dalam perusahaan tersebut. 

Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) 

Jaminan sosial tenaga kerja merupakan sebuah program perlindungan sosial yang mempunyai sifat mendasar bagi tenaga kerja. Jamsostek mempunyai tujuan untuk menjamin dan memberikan keamanan bagi tenaga kerja akan risiko yang dihadapi baik risiko sosial, ekonomi dan sebagainya. Jamsostek juga dapat dijadikan sebagai sarana jamnan arus penerima penghasian untuk tenaga kerja dan keluarganya jika terjadi kecelakaan, sakit, cacat, meninggal dunia, hamil, dan sebagainya yang membutuhkan biaya perawatan. Keluarga yang ditinggalkan pasti membutuhkan dukungan finansial karena terjadinya kematian tersebut. Selanjutnya keluarga yang ditinggalkan pasti mengalami pendapatan serta mengalami kesulitan ekonomi selama kehidupan kehidupanya. Khususnya jika salah satu anggota keluarga meninggal adalah yang menjadi sumber mencari nafkah, sudah pasti keluarga akan sangat kehilangan dan mengalami goncangan ekonomi yang berlangsung dalam waktu panjang. Oleh karenanya, dalam mengatasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, digunakanlah Jamsostek yang menjadi kebijakan dalam keselamatan masyarakat. 

Jamsostek mempunyai manfaat yang sangat penting bagi masyarakat. Jamsostek dapat menjadi perlindungan kepada masyarakat, khususnya ketika terjadi kecelakaan. Kejadian memang tidak bisa dihindari, namun mengurangi risiko dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan memberikan asuransi jiwa terbaik ini. Terutama risiko kematian, sehingga sebagai bentuk meringankan beban pikiran dan finansial keluarga yang ditinggalkan, diberikanlah life insurance tersebut. Jamsostek juga dapat memberikan bantuan finansial yang dapat membantu kebutuhan dasar. sehingga keluarga yang ditinggalkan kita dapat lebih tenang dalam menanggung semua biaya. Baik dalam biaya pendidikan, atau lainya yang berkaitan dengan kejadian tersebut. Sehingga dapat mengurangi beban pikiran kita dan sebagai bentuk rasa simpati kepada keluarga yang ditinggalkan. Salah satu jaminan sosial tenaga kerja saat ini adalah BNI Life. 

Manfaat Jaminan Sosial Tenaga Kerja 

Sama halnya dengan asuransi, jamsostek juga mempunyai manfaat bagi masyarakat. Adapun manfaat jamsostek terbagi dalam: 

1. Jaminan kematian 
Setiap kejadian tidak dapat kita prediksi hasilnya. Dalam jaminan sosial tenaga kerja ini terdapat jaminan kematian yang diberkan apabila terjadinya kecelakaan hingga mengakibatkan meninggal dunia. Jamsostek akan memberikan keringanan kepada keluarga yang bersangkutan baik keringanan finansial maupun pendidikan. 

2. jaminan kecelakaan 
Selanjutnya adalah jaminan kecelakaan, kecelakaan yang terjadi mengakibatkan sakit atau cacat yang dapat merugikan secara fisik. Jika terjadi kecelakaan kerja maka sudah masuk tanggung jawab perusahaan apabila mempunyai asuransi, dan menjadi tanggung jawab jamsostek jika sudah terdaftar dan membayar iuran sebagai penerima jasmsostek. Program ini bertujuan sebagai pengganti keseluruhan yang hilang baik penghasilan, fisik, dan lainya sehingga diberikan sebuah kompensasi dan rehabilitasi kepada pekerja yang bersangkutan. 

3. Jaminan hari tua 
Selanjutnya adalah jaminan hari tua, dimana program ini mempunyai tujuan sebagai penghasilan kerja pada usia yang sudah tidak produktif lagi. Jamsostek hari tua ini diberikan ketika persiun atau mencapa usia yang sudah ditentukan denngan syarat yang sesuai. 

4. Jaminan jasa konstruksi 
Bagi para pekerja, yang menjadi pekerja dalam sektor konstruksi mendapatkan jamsostek yang sudah diatur sesuai dengan keputusan menteri. Sehingga jika terjadi kecelakaan akan menjadi tanggung jawab yang tersangkutan. 

Jamsostek sebenarnya adalah sebuah layanan yang digunakan sebagai suatu perlindungan akan timbulnya sesuatu yang bersifat merugikan, baik secara finansial ataupun lainya. Khususnya ketika hilangnya pendapatan seseorang akibat terjadinya kejadian yang menimpa anggota keluarga salah satunya kematian. Pada saat itulah Jamsostek diberikan dengan maksud sebagai bentuk simpati dan antisipasi bagi keluarga yang ditinggalkan. Keluarga yang ditinggalkan pasti membutuhkan dukungan finansial karena terjadinya kematian tersebut. Selanjutnya keluarga yang ditinggalkan pasti mengalami pendapatan serta mengalami kesulitan ekonomi selama kehidupan kehidupanya. Khususnya jika salah satu anggota keluarga meninggal adalah yang menjadi sumber mencari nafkah, sudah pasti keluarga akan sangat kehilangan dan mengalami goncangan ekonomi yang berlangsung dalam waktu panjang. Oleh karenanya, dalam mengatasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, digunakanlah Jamsostek yang menjadi kebijakan dalam keselamatan masyarakat. 

Jaminan sosial tenaga kerja juga memberikan perlindungan terhadap pendidikan anak. 

Pendidikan sangatlah penting bagi anak-anak. Dengan adanya jamsostek ini dapat membantu dalam menangani masalah pendidikan, terutama pada saat usia anak-anak. Masyarakat memang sering kesulitan dalam membiayai anak-anak mereka apabila terjadi sebuah kecelakaan atau kematian salah satu keluarganya. Oleh karena itu, adalanya jamsostek ini adalah untuk memberikan pendidikan anak hingga lulus. Selanjutnya adalah sebagai tabungan sangat diperlukan dalam kegiatan atau persiapan apapun. Dengan adanya jamsostek ini dapat digunakan sebagai tabungan kita dalam mengantisipasi adanya kejadian atau kecelakaan yang akan menimpa. 

Tujuan jaminan sosial yaitu memberikan perlindungan terhadap kebutuhan manusia. Namun, sedikit perbedan jika asuransi memberikan nilai tambah atas perlindungan tersebut. Jaminan sosial memberikan jaminan perlindungan yang tidak terbatas selama peraturan masih ditetapkan oleh pemerintah. Dengan adanya jamsostek, kita dapat lebih tenang dalam menanggung semua biaya. Baik dalam biaya pendidikan, atau lainya yang berkaitan dengan kejadian tersebut. Sehingga dapat mengurangi beban pikiran kita dan sebagai bentuk rasa simpati kepada keluarga yang ditinggalkan. 

Jadi, banyak upaya pemrintah dalam menyejahterakan masyarakatnya. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat harus memberikan timbal balik yang baik dengan cara bekerja untuk negera. Negara yang makmur tergantung oleh masyarakat dan pemimpinya, apabila masyarakat dan pemimpin atau pemerintah dapat bekerja sama dengan baik, maka akan tercipta negara yang indah, rukun, dan damai, serta terhindar dari berbagai macam perselisihan apalagi krisis ekonomi.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Jaminan Sosial Tenaga Kerja dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel