Generasi Milenial, Ini Cara Mudah Beli Rumah di Usia Muda


Generasi milenial saat ini memiliki pemikiran yang jauh lebih dewasa jika dibandingkan dengan anak muda yang hidup dan tinggal di masa lalu. Anak muda sekarang ini memiliki pertimbangan yang sangat matang ketika akan memutuskan segala sesuatu, salah satunya adalah memilih dan membeli hunian yang akan mereka tinggali nantinya. Membeli rumah atau hunian di usia muda merupakan keputusan yang cukup sulit. Seperti yang kita ketahui, membeli rumah memerlukan proses yang cukup panjang. Tidak hanya membutuhkan perjuangan dan pengetahuan yang cukup besar akan hunian yang tepat, proses membeli rumah membutuhkan banyak tenaga dan menghabiskan banyak waktu. 

Pembeli hunian usia muda harus memiliki persiapan yang cukup matang ketika akan memilih dan membeli hunian yang tepat. Para generasi milenial setidaknya harus mengetahui dengan pasti mengenai cara membeli rumah di usia muda dengan baik. Cara membeli hunian yang tepat tersebut nantinya akan memberikan imbas baik bagi mereka yang akan membeli rumah yang diidam-idamkan dan menghindari penyesalan yang datang di waktu mendatang. Untuk mengetahui bagaimana cara tepat untuk membeli rumah atau hunian di usia muda, simak penjelasannya di bawah ini: 

1. Memahami besar biaya yang diperlukan yang nantinya digunakan untuk: 

  • Uang tanda jadi. Jika generasi milenial memahami proses pembelian rumah dengan baik, mereka akan mengetahui bahwa beberapa pengembag perumahan akan menentukan jumlah uang yang dijadikan sebagai tanda jadi pembelian rumah. 
  • Uang muka. Digunakan sebagai jaminan bahwa pembeli telah melakukan proses pembelian rumah yang dipilih. 
  • Angsuran. 
  • Biaya notaris yang nantinya digunakan untuk pengesahan kredit rumah. 

2. Mencari tahu harga rumah yang diinginkan. 

Harga rumah dapat diketahui dengan melakukan penilaian indikatif yang dilakukan oleh bank. Survey penilaian yang dilakukan oleh bank dapat menentukan harga jual hunian dan legalitas dari hunian yang diinginkan. Pihak bank akan memberikan penilaian mengenai kelayakan dari hunian. Tidak hanya itu, bank juga akan memberikan informasi lanjutan mengenai legalitas dokumen yang berkaitan dengan hunian. 

3. Menganalisa resiko kredit. 

Jika generasi milenial saat ini berencana membeli rumah secara kredit, mereka harus memahami resiko apa saja yang mungkin terjadi selama proses kredit hunian tersebut. Di dalam proses kredit tersebut, pihak bank akan melakukan penilaian mengenai kemampuan mengangsur calon pelaku kredit. Verifikasi dilakukan berdasarkan dengan pemeriksaan rekening dan wawancara yang diajukan oleh pihak bank. Pihak bank juga akan memeriksa kredit lainnya yang mungkin dimiliki oleh calon pengkredit. 

Para generasi milenial juga harus paham mengenai lokasi dan lingkungan hunian yang akan dibeli. Lingkungan hunian yang memberikan rasa nyaman merupakan lingkungan perumahan yang tepat untuk dibeli. Untuk mendapatkan kenyamanan yang lebih valid, mengenal budaya masyarakat yang berada di sekitar hunian menjadi pertimbangan lain yang perlu dipikirkan ketika akan mencari hunian yang tepat. Dengan cara tersebut, para generasi milenial dapat menemukan hunian yang tepat untuk masa tua mereka mendatang. 

Cara lain yang harus dilakukan oleh para generasi milenial untuk mendapatkan hunian yang tepat di usia muda adalah dengan membandingkan harga hunian yang serupa yang berada di kawasan yang sama. Dengan mengetahui harga hunian tersebut, para generasi muda tidak akan tertipu dengan harga jual dari rumah tersebut. Seperti yang kita ketahui, banyak pihak pengembang yang menjual propertinya dengan harga yang jauh lebih mahal dari harga yang seharusnya. Agar generasi milenal tidak ingin dirugikan, mengetahui harga hunian dengan pasti merupakan keputusan yang tepat. 

Untuk melengkapi cara lainnya ketika membeli rumah yang tepat di usia muda, ada beberapa pertimbangan lainnya yang harus diperhitungkan dengan baik. Kondisi jalan utama yang berada di sekitar hunian merupakan pertimbangan yang harus dipikirkan dengan baik oleh generasi milenial. Jika lingkungan hunian tersebut memiliki jalan yang berlubang dan sulit untuk dijangkau, para generasi milenial sebaiknya berpikir ulang untuk membeli hunian di lingkungan tersebut. Untuk melengkapi pertimbangan lain ketika membeli hunian, simak penjelasannya di bawah ini: 

a. Hunian dilengkapi dengan pelayanan air, telepon dan listrik yang memadai. 

b. Hunian dilengkapi pula dengan lingkungan yang bersih dan jauh dari lokasi pembuangan sampah. 

c. Hunian lebih baik dilengkapi dengan pepohonan atau ruang hijau yang menarik. 

d. Hunian berada pada kawasan yang bebas banjir. Rutinitas sehari-hari tentunya akan terganggu jika hunian yang dipilih sering dilanda banjir. 

e. Lokasi hunian berada di area yang strategis. Para generasi milenial yang memiliki segudang aktifitas dapat melakukan aktifitasnya dnegan baik tanpa harus menghabiskan waktu di perjalanan karena lokasi hunian mereka yang strategis. 

f. Hunian yang dipilih sebaiknya dekat dengan fasilitas umum seperti kantor pos, rumah sakit, apotek, pusat olahraga dan pusat perbelanjaan. 

Belum ada Komentar untuk "Generasi Milenial, Ini Cara Mudah Beli Rumah di Usia Muda "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel