Begini Cara Mudah Mendapatkan Vitamin D Saat Puasa Supaya Tulang Sehat

Pada ketika puasa Ramadan, tubuh tidak menemukan asupan santap dan minum dari masa-masa terbitnya matahari sampai matahari tenggelam. Otomatis, tubuh bakal berisiko mengalami kelemahan zat gizi yang diperlukan, tergolong vitamin dan mineral. Salah satu jenis vitamin yang barangkali hilang ketika berpuasa ialah vitamin D. Maka itu, agar tidak kelemahan dan merasakan gangguan kesehatan tulang, Anda mesti tahu bagaimana teknik mendapatkan sumber vitamin D dengan mudah.

Mengonsumsi makanan sumber vitamin D

Vitamin D sebenarnya dapat Anda dapatkan secara alami dari sinar matahari. Tubuh insan dirancang untuk dapat mendapatkan vitamin D yang dibutuhkannya dengan memproduksi sendiri vitamin D ketika kulit terpapar sinar matahari.

Meskipun begitu, sekitar puasa barangkali Anda bakal lebih tidak jarang berada di dalam ruangan ketimbang di luar. Ini dapat membuat kita kehilangan peluang mendapatkan vitamin D. Maka itu, Anda pun harus mengonsumsi makanan sumber vitamin D.

Beberapa sumber terbaik vitamin D ialah pada ikan berlemak laksana tuna, salmon, dan makarel, serta minyak ikan cod. Sumber vitamin D dalam jumlah kecil pun ditemukan dalam hati sapi, keju, dan kuning telur.

Di samping secara alami dari makanan-makanan itu, vitamin D pun tersedia dari sejumlah produk makanan yang difortifikasi. Fortifikasi ialah proses peningkatan mineral atau vitamin ke dalam sebuah makanan untuk menangkal terjadinya kelemahan mineral atau vitamin tertentu.

Sumber pangan yang difortifikasi dan kaya vitamin D salah satunya ialah susu, margarin, jus, yogurt, dan sereal. Jadi, pastikan makanan dan minuman itu ada di dalam menu sahur maupun buka puasa Anda agar jumlah vitamin D tetap terjaga.

Bisa pun minum suplemen vitamin D

Sumber vitamin D lainnya juga dapat didapatkan dengan gampang dari suplemen. Saat puasa, seringkali waktu santap jadi semakin sempit dan terbatas, tapi keperluan vitamin D tubuh mesti tetap terpenuhi. Nah, andai Anda tidak yakin bila kebutuhan vitamin D dalam tubuh telah terpenuhi, suplemen vitamin D dapat menjadi salah satu teknik praktis nya.

Suplemen vitamin D ini dapat menolong tubuh mendapatkan takaran harian yang tepat dalam satu kapsul. Namun pastinya sebelum kita memilih suplemen yang tepat, konsultasikan dahulu untuk dokter Anda.

Di samping mengonsumsi suplemen vitamin D, tidak boleh lupa pun untuk tetap memenuhi keperluan kalsium dalam tubuh. Sebab keduanya diperlukan sebagai komponen yang powerful untuk mengawal kepadatan tulang.

Perlu dikenang juga bahwa suplemen tidak bisa menggantikan sumber vitamin D dari makanan, dan hanya mempunyai sifat melengkapi saja. Untuk menggiatkan provitamin D, Anda pun masih membutuhkan paparan sinar matahari pagi antara pukul 10.00 sampai 14.00, tanpa pemakaian tabir surya, lumayan selama 10-15 menit saja.

Anda pun tidak butuh bingung apa jenis suplemen vitamin D yang mesti diminum, tablet, kapsul, atau cairan. Vitamin D akan gampang diserap tubuh sekitar persediaan lemak tubuh cukup.

Yang terpenting, tidak boleh sampai puasa kita terganggu dampak tubuh kelemahan vitamin D. Jika telah kekurangan, ini malah akan menurunkan keterampilan tubuh menyerap kalsium. Jika kadar kalsium rendah dalam tubuh, maka pengeroposan tulang pun dapat terjadi lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.