Masjid Kowloon, Salah Satu Destinasi Wisata Muslim di Hong Kong


TRAVELING ke Hong Kong jangan lupa mengunjungi sebuah landmark yang terkenal di kalangan komunitas muslim Hong Kong. Masjid Kowloon yang berada di pusat kota Hong Kong merupakan masjid terbesar di sana.
Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid modern ini juga digunakan sebagai pusat belajar agama Islam. Terletak di sudut Nathan road dan Haiphong road, di sebelah taman Kowloon berdiri masjid terbesar di Hong Kong, masjid Kowloon, yang mampu menampung hingga 3.500 jamaah. Masjid Kowloon sering dipakai beribadah umat muslim dan pelancong dari Asia Selatan hingga Indonesia.

Masjid Kowloon memainkan peran yang berarti bagi komunitas muslim non-chinese di Hong Kong. Para jamaahnya sebagian besar tinggal di lingkungan dekat masjid, seperti di Chungking Mansions, tempat di mana etnis minoritas tinggal di Hong Kong.
Masjid Kowloon memiliki gaya arsitektur campuran gaya tradisional Islam dengan modern. Masjid berwarna putih ini memiliki 4 menara di setiap sisinya. Lantai bawah digunakan sebagai tempat sholat pria sementara lantai atas untuk perempuan. Lantai bawah masjid bisa menampung jamaah hingga 1.000 orang.

Imam utama masjid Kowloon adalah Mufti Muhammad Arsad yang telah menjadi imam dan khatib sejak tahun 2001. Sebagai pusat belajar Islam di Hong Kong, di masjid juga digelar pelajaran baca Al-Qur'an kepada sekitar 1.500 murid di Hong Kong serta pelajaran bahasa Arab. Terdapat fasilitas perpustakaan dan klinik di dalam masjid Kowloon.
Masjid Kowloon yang berdiri sekarang sebenarnya bangunan yang baru dibangun pada tahun 1984. Masjid yang sebelumnya dibangun pada tahun 1896 mengalami kerusakan saat Hong Kong membangun jalur MRT. Dengan dana kompensasi dari perusahaan yang membangun MRT serta donasi dari umat muslim, masjid Kowloon dibangun kembali di lokasinya yang sekarang.
Ada 5 masjid di Hong Kong untuk mengakomodasi 220.000 umat muslim di Hong Kong. Untuk mengunjungi masjid Kowloon, gunakan MRT arah Tsim Sha Tsui.

sumber : https://lifestyle.okezone.com/read/2018/02/06/406/1855687/masjid-kowloon-salah-satu-destinasi-wisata-muslim-di-hong-kong

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.